Wednesday, September 3, 2014

Bandung, bersahabatlah

Hallo semua.. Akhirnya saya ngeblog lagi.

Wahh nggak kerasa udah masuk bulan September aja, perasaan kemaren masih bulan Agustus deh.
Apa yang kalian harapkan di bulan September ini? Udah ngetweet ‘#SeptemberWish’ belum di twitter? Kalo saya sih nggak minta banyak-banyak, semoga kehidupan saya sebagai anak kos bias lancar jaya. Yap, sekarang saya sudah resmi menjadi anak kos di kota Bandung. Ciieee..

Alhamdulillah banget akhirnya mimpi saya untuk kuliah disini akhirnya terwujud. Nggak tau kenapa sih saya dari dulu memang pengen banget kuliah di Bandung. Bahkan nih salah satu baris kata di dream note saya tertulis ‘Tamat SMA nanti lanjut kuliah di Bandung’. Dan hasilnya bener aja, mimpi yang saya tulis tanggal 26 Agustus 2013 lalu ini akhirnya terwujud.

Sebagai pendatang baru di Bandung, saya masih harus banyak beradaptasi disini. Yang pertama sih faktor cuacanya. Disini dingin bangeeeetttt euy. Apalagi pas subuh-subuh, dinginnnya itu sampe menembus kulit kemudian menusuk tulang hingga tembus ke hati dannn panggg!! Jadilah Coco Crunch! Selain cuaca, saya juga harus beradaptasi sama makanan disini. Iya, saya belum terbiasa makan makanan yang semuanya manis. Sambel pun terasa manis juga. Biasanya saya kalo makan sambel itu sampe keringetan loh. Sebagai pemilik lidah orang Sumatera, saya benar-benar-belum-terbiasa. Masa orang manis kayak saya makannya manis juga. Nanti dibilang maruk lagi.

Kemudian saya harus cepat-cepat bisa berbahasa sunda nih. Minimal paham dululah sedikit-sedikit. Soalnya nggak enak banget gitu kalo kita lagi duduk-duduk gitu terus disebelah ada orang yang ngobrol pake basa sunda. Saya jadinya kayak lagi di planet pluto. Karena nggak ngerti apa yang mereka bicarain, saya sempet jadi curiga jangan-jangan mereka lagi ngomongin tentang kegantengan saya ini. Who knows? Iya kan? Hahaha.

Ohiya ada pengalaman unik, menarik dan sedikit memalukan nih. Jadi ceritanya pas sore hari saya pergi ke warung buat beli pasta gigi. Nah diluar warung itu ada ibu-ibu yang lagi duduk-duduk santai. Sebagai yang lebih muda, saya sapa ibu itu sambil senyum dua jari dikit. Selesai beli pasta gigi, pas pulangnya ibu-ibu itu nanyain ‘atos dek?’, saya dengan santai jawab gini ‘iya buk, saya ngekos diatas’. Kemudian saya berlalu meninggalkan ibu itu dengan gagah. Tangan kiri memegang pasta gigi dan tangan kanan memegang uang kembalian. Sesampainya di kosan, saya masih nggak tau apa yang sebenernya ibu itu tadi tanyain. Karena ingin tahu, saya searching deh arti kata atos di internet. Dan setelah saya cari tahu, ternyata kata atos itu artinya sudah. Saya langsung kaget, terhenyak, dan seolah tak percaya. Bukan karena tahu arti kata atos, tapi karena jawaban saya tadi nggak nyambung banget sama pertanyaan ibu-ibu tadi. Mungkin maksudnya dia nanya gini ‘sudah dek belanjanya?’, tapi saya malah jawab saya ngekos diatas. Tai kan? Kirain atos itu artinya atas. -____- Yahh namanya juga pendatang baru ya, jadi wajar aja kalo kayak gitu.

Sebagai anak rantau junior, saya juga sering banget ditelfon sama orang tua, terutama ibu saya. Setiap hari itu pasti dia nelfon kesini. Mungkin beliau belum terbiasa yaa ditinggal sama anak bungsunya yang ganteng ini. Iya sih dulu ibu saya sempat nyuruh banget saya kuliah di Bengkulu aja. Alesannya karena kakak-kakak saya udah pada kerja, jadi jarang dirumah dan ibu saya nanti kesepian gitu. But that’s my decision. Saya pengen banget merantau. Pengen ngerasain gimana jadi anak kos yang konon katanya miris kalo tanggal tua. Saya pengen keluar dari kondisi nyaman dan membuat kenyamanan yang baru sendiri. Kalo dulu mau pergi tinggal ngegas motor aja, sekarang harus naik angkot, kalo dulu mau beli sesuatu tinggal beli aja, sekarang harus mikir nanti buat makan ada nggak, kalo dulu mau makan tinggal ngesot aja ke dapur, sekarang harus masak dulu atau minimal beli dulu. Saya mau belajar mandiri, mengatur semuanya sendiri. Saya juga ingin berdiri diatas kaki sendiri. (kayak jargon kampanye ya?)

Oke, semoga kehidupan baru saya sebagai anak rantau bisa berjalan baik aja. Semoga keputusan saya buat kuliah disini juga tepat dan tentunya nggak ngecewain kedua orang tua yang udah berkorban banyaaaaakkkkkkk banget. Doain ya semoga saya baik-baik disini. Dan semoga kalo saya masak nasi nggak kebanyakan air lagi hehehe.


Bandung, bersahabatlah!
Share:

6 comments:

  1. Semangat gan.. selama tidak ada penolakan, hidup anda akan bahagia dimanapun anda berada. Kalau mau lbh jelas coba mai ke blog saya gitajiwa (dot) blogspot (dot) com dan baca yang memahami penderitaan. Itu juga curhatan perantauan.. ditunggu kunjunganya.

    ReplyDelete
  2. Welcome to bandung, bro

    Waktu SMA dulu, aku juga pengen pake banget kuliah di Bandung. Alhamdulillah terkabul kuliah di Bandung. Btw, aku udah lamaa di Bandung tapi tetep aja gak bisa pake bahasa sunda.
    Info lagi, bandung punya Blogger Bandung juga loh. Sering diundang opening cafe, store, seminar, dll. Pastinya setiap undangan dapat gratisan makan, goodie bag, dll. Hubungan aja bang aswi di sini https://www.facebook.com/kelasbangaswi?fref=nf

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh anak rantau jg nih :D
      btw makasih banget yaa infonya ;)

      Delete
  3. Good luck. Aku orang bandung yang merantau ke Tasik ketika SMA, sekarang kuliah udah di Bandung lagi akhirnya :'D

    Btw, Bandung nggak sedingin itu. Dan, harus punya teman banyak-banyak ya, biar cepet bisa bahasa sunda dan cepet betah. Pengalaman ini xD

    Kudu tiasa basa sunda atuh, sumanget nya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat yg gak biasa mah bandung dingin..
      ajarin abdi basa sunda atuh teh :D

      Delete

Tinggalkan jejak kalian disini. komen yaa :)