Wednesday, June 25, 2014

Percuma Kalau Cuma Puasa

Enggak terasa nih sebentar lagi sudah mau masuk bulan puasa. Gimana udah siap belum? Kalo belum siap disiap-siapin dulu deh. Hehehe

Berbicara tentang puasa berarti kita berbicara tentang ibadah. Yap, seperti yang kita semua ketahui bahwa puasa adalah menahan diri dari hawa dan nafsu. Puasa juga merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh dan yang mengaku beriman. Karna banyak diantara kita yang ngakunya muslim tapi puasa nggak pernah, sholat teraweh juga nggak pernah, tapi tetap ngerayain hari raya idul fitri. Ini aneh kan? Ini ibarat kita merayakan sebuah pesta kemenangan tapi kita tidak ‘berperan’ dalam meraih kemenangan tersebut. Atau dalam kata lain pecundang yang cuma mau nikmatin hasil.

Lain lagi dengan orang yang berpuasa tapi dia tidak melaksanakan sholat wajib. Contoh kayak gini banyak loh. Dia puasanya full, tapi sholatnya tidak. Bagus sih tapi kayaknya rugi. Percuma puasa kalo sholat wajib ditinggalin. Ini ibarat kalian sudah dandan keren-keren, sudah pake jas dan dasi ehh tapi nggak pake celana. Percuma gituloh. Gaada gunanya.

Nah ngomongin masalah barusan, saya punya sedikit cerita nih. Semoga bisa memotivasi kalian yang baca. Sumpah ini bukan bermaksud pamer atau riya’ yaa :)

Jadi, jujur dulu saya pernah kayak salah satu kasus diatas. Tepatnya mungkin sekitar 4 tahunan yang lalu. Waktu itu masih SMP, saya puasanya full, nggak bolong-bolong. Tapi disisi lain sholat 5 waktu masih saya tinggalin. Waktu itu saya seperti gak punya masalah. Cuek-cuek aja yang penting puasa. Toh puasa selama sebulan aja sudah termasuk prestasi. Pikir saya waktu itu. Begitulah seterusnya sampai lebaran.

Setahun kemudian, saya mulai berubah. Atau lebih tepatnya diubah. Jadi waktu itu bulan puasa tahun 2011. Tahun yang bisa saya bilang sebagai titik balik bagi diri saya sendiri. Saya ingat betul ketika sesudah sahur pertama. Biasalah kan sesudah sahur kita biasanya nonton acara-acara di tv sembari nunggu imsak. Saya lupa waktu itu tepatnya nonton apa, yang jelas bukan nonton GGS karna waktu itu belum ada. Hehehe. Singkatnya imsak pun berbunyi, saya langsung masuk ke kamar dan berenca mau tidur sampai siang. Sekitar sepuluh menit kemudian adzan subuh berbunyi dan saya yang sudah hampir tidur dibangunin dan dipaksa untuk sholat. Yasudah deh dengan mata yang berat saya sholat subuh walaupun hati sedikit menggerutu. Astagfirullahaladzim.

Kemudian ‘pemaksaan’ untuk sholat itu terus berlanjut. Saya sebetulnya agak males dipaksa-paksain sholat sama kakak-kakak dan terutama orang tua saya, sebelum akhirnya mereka bilang ‘percuma kamu puasa tapi sholat masih bolong-bolong. Nggak ada gunanya. Cuma dapet lapar aja’. Disaat itu saya tersadar. Saya seakan terbangun dari tidur panjang selama ribuan tahun. Caelah lebayyy deh hahaha. Dalam hati berfikir ada benernya juga. Buat apa saya puasa tapi kewajiban pokok masih ditinggalin.

Sejak saat itulah saya mulai mengubah kebiasaan. Saya mulai sholat 5 waktu saat puasa walaupun masih sering telat dan masih sering diingetin. Lima sampai sepuluh hari pertama mungkin masih agak berat dan masih males-malesan tapi setelah itu malah jadi kebiasaan yang baik. Lama-kelamaan saya mulai rajin sholat dan mulai agak tepat waktu dan tentunya sudah nggak dipaksa-paksa lagi. Hehehe. Dan sampai akhirnya bulan puasa usai, kebiasaan sholat 5 waktu itu alhamdulillah berlanjut sampai sekarang. Alhamdulillah.

Pada akhirnya saya sangat bersyukur saat itu ‘dipaksa’ sholat oleh kakak-kakak dan orang tua saya. Coba bayangin kalau mereka nggak ngelakuin itu, mungkin sekarang saya masih jadi anak yang badung yang jarang untuk bersujud. Sekali lagi ini bukan bermaksud untuk pamer atau riya’ atau apalah itu. Sumpah gaada maksud kesitu. Saya cuma mau sedikit memotivasi kalian yang baca. Kalau saya yang dulunya dipaksa untuk sholat 5 waktu saja akhirnya bisa jadi kebiasaan untuk sholat, apalagi kalian yang keinginan untuk sholat 5 waktu itu memang datang dari hati. Pasti hasilnya bisa lebih dahsyat dari saya. Dan menurut saya kalau kalian pengen membiasakan sholat 5 waktu, bulan puasa adalah momentum yang sangat pas. Kalian paksa-paksain aja dulu diri sendiri, nanti pasti terbiasa kok. Dan setelah terbiasa kalian pasti berat untuk ninggalin sholat. Percaya deh. Saya sudah membuktikannya di bulan puasa tahun 2011 lalu.

Semangat buat kita yang ingin terus memperbaiki diri. Semoga kita terus dijalan yang benar. Barakallah. Selamat datang bulan Ramadhan :) 
Share:

6 comments:

  1. iya ada benernya juga. tulisannya memotivasi :))

    ReplyDelete
  2. Bagus deh kalau udah berubah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah. salah satu berkah ramadhan terbesar itu ;)

      Delete
  3. Nah, ini iya benar. Percuma puasa, kalau sholatnya aja tinggal. Percuma puasa, kalau bukanya jam 12 siang. Percuma puasa, kalau kebanyak ngeluhnya. Mama selalu bilang kayak gitu haha.

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak kalian disini. komen yaa :)